SEKILAS INFO

     » Maaf website masih dalam proses perbaikan
Struktur Organisasi
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

  1.   Susunan Organisasi

 

                        Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Madiun Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Madiun dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Madiun Nomor 66 Tahun 2011 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan

                               Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab yang diemban, tentunya dibutuhkan Sumber Daya pendukung yang memadai. Adapun Sumber Daya yang ada di Kantor Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun bisa dibagi meliputi : Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya sarana Prasarana.

                        Dari sisi Sumber Daya Manusia, Kantor Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun memiliki Pegawai dengan jumlah 35 (tiga puluh lima) dengan kualifikasi yang cukup dengan rincian sebagai berikut

Rekapitulasi PNS Kantor Kecamatan Sawahan berdasarkan Pendidikan:

  1. A.   Kedudukan, Tugas, dan Fungsi

CAMAT

Kecamatan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan pemerintah yang  dilimpahkan  oleh  Bupati  untuk  menangani  sebagian  urusan  otonomi  daerah yang meliputi aspek:

  1. Perizinan;
  2. Rekomendasi;
  3. Koordinasi;
  4. Pembinaan;
  5. Pengawasan;
  6. Fasilitasi;
  7. Penetapan;
  8. Penyelenggaraan; dan 
  9. Kewenangan lain yang dilimpahakan.

  Untuk  melaksanakan  tugas  sebagaimana  di maksud  diatas  Camat  mempunyai  fungsi sebagai berikut:

1)     Pelaksanaan  Kewenangan  penyelenggaraan Pemerintahan umum;

2)     Pelaksanaan Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;

3)     Pelaksanaan  Pengkoordinasian  upaya penyelenggaraan  ketentraman  dan  ketertiban  umum;

4)     Pelaksanaan Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan;

5)     Pelaksanaan pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

6)     Pelaksanaan   pengkoordinasian   penyelenggaraan   kegiatan   Pemerintahan di   tingkat  kecamatan;

7)     Pelaksanaan Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Desa;

8)     Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanaakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di Kecamatan;

9)     Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/ yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintahan desa;

10)     Pelaksanaan  tugas - tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  Bupati. 

SEKRETARIS KECAMATAN

 

Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris  mempunyai  tugas pokok  membantu Camat dalam merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan Administrasi Umum, Kepegawaian, Perlengkapan, Aset, Penyusunan Program, Laporan Dan Keuangan. 

Untuk  melaksanakan  tugas  sebagaimana  di maksud  diatas  Sekretariat mempunyai  fungsi sebagai berikut:

  1. Penyusunan rencaana program dan kegiatan pada lingkup sekretariat;
  2. Pelaksanaan koordinasi penyusunan program, anggaran dan perundang-undangan;
  3. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas Bidang;
  4. Pengelolaan dan pelayanan administrasi umum;
  5. Pengelolaan administrasi kepegawaian;
  6. Pengelolaan administrasi keuangan;
  7. Pengelolaan administrasi perlengkapan;
  8. Pengelolaan aset;
  9. Pengelolaan Urusan rumah tangga;
  10. Pengelolaan kearsipan;
  11. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan kegiatan; dan

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan ruang lingkup tugas fungsinya.

SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

 

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas sebagai berikut:

1)        Menyusun rencana, program dan kegiatan pada sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

2)        Mengelola tertib administrasi umum dan kearsipan;

3)        Mengelola pelayanan administrasi umum, kearsipan dan ketatalaksanaan;

4)        Mengelola dan memproses administrasi kepegawaian;

5)        Menyelenggarakan urusan rumah tangga dan keprotokolan;

6)        Melaksanakan pengelolaan perlengkapan dan aset;

7)        Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; dan

8)        Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan tugasnya.

 

SUB BAGIAN KEUANGAN, PENYUSUNAN PROGRAM

DAN PELAPORAN

 

Sub Bagian Keuangan, Penyusunan Program dan Pelaporan mempunyai tugas sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana program dan kegiatan pada Sub Bagian Keuangan, Penyusunan Program dan Laporan;
  2. Menyiapkan bahan rencana program dan kegiatan pada lingkup Dinas;
  3. Melaksanakan penatausahaan keuangan;
  4. Melaksanakan pengelolaan tertib administrasi keuangan termasuk pembayaran gaji pegawai;
  5. Melaksanakan penyusunan laporan atas pelaksanaan program dan kegiatan pada lingkup Dinas;
  6. Menyiapkan bahan penataan kelembagaan dan perundang-undangan;
  7. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pada Sub Bagian Keuangan, penyusunan program dan laporan; dan
  8. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan tugasnya.

 

SEKSI TATA PEMERINTAHAN DESA

 

Seksi Tata Pemerintahan Desa mempunyai tugas sebagai berikut:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada seksi tata pemerintahan desa;
  2. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;
  4. Melaksanakan pemberian bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa;
  5. Melaksanakan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  6. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan kepada Bupati;
  7. Menyiapkan data dan bahan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa;
  8. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa;
  9. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa di tingkat kecamatan kepada Bupati; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh camat.

    SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM

     

    Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas sebagai berikut:

    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada Seksi Ketentraman Dan Ketertiban Umum;
    2. Menyiapkan bahan koordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia Dan /Atau Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan Penyelenggaraan Ketentraman Dan Ketertiban Umum Di Wilayah Kecamatan;
    3. Menyiapkan bahan koordinasi dengan tokoh masyarakat yang berada di wilayah Kerja Kecamatan Untuk Mewujudkan Ketentraman Dan Ketertiban Umum Masyarakat Di Wilayah Kecamatan;
    4. Menyiapkan bahan koordinasi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan pengamanan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    5. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuaan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan;
    6. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuaan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penanggulangan bencana;
    7. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang perlindungan masyarakat;
    8. Melakukan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa;
    9. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pemeliharaan prasarana dan Fasilitas Pelayanan Umum di Wilayah Kecamatan Kepada Bupati;

    10. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pembinaan ketentraman dan ketertiban kepada Bupati;

    11. Menyusun bahan koordinasi dan pembinaan terhadap organisasi sosial Kemasyarakatan yang ada di wilayah Kecamatan;

    12. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada seksi ketentraman dan ketertiban umum; dan

    13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

                   

     SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL

     

    Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas sebagai berikut:

    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada Seksi Kesejahteraan Sosial;
    2. Menyiapkan bahan untuk penyusunan program dan melakukan pembinaan dalam upaya peningkatan kesehatan dan gizi masyarakat, Keluarga Berencana dan pemberantasan penyakit menular;
    3. Menyelenggarakan fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan pembinaan dan pengembangan ketenagakerjaan;
    4. Melaksanakan koordinasi, pendataan dan pemantauan penyaluran bantuan sosial;
    5. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan program pembinaan keagamaan, pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga;
    6. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada kesejahteraan sosial di kecamatan kepada Bupati; dan
    7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat.

     

     SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMBANGUNAN

     

    Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan mempunyai tugas sebagai berikut:

    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan;
    2. Menyiapkan data pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayah kecamatan;
    3. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayah kecamatan;
    4. Melaksanakan fasilitas dan menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayah kecamatan;
    5. Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa;
    6. Melaksanakan koordinasi pengawasan terhadap keseluruhan pelaksanaan program kerja perangkat daerah, instansi vertikal maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayah kerja kecamatan;
    7. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan perekonomian di kecamatan;
    8. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada seksi pemberdayaan masyarakat dan pembangunan; dan
    9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

     

     SEKSI PELAYANAN

     

    Seksi Pelayanan mempunyai tugas sebagai berikut:

    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan program kerja pada seksi pelayanan;
    2. Melaksanakan penyusunan, pengolahan, dan pemeliharaan data dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat;
    3. Melaksanakan sosialisasi tentang mekanisme, prosedur dan persyaratan ( standar pelayanan prima ) kepada masyarakat;
    4. Mengkoordinasikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan publik di wilayahnya;
    5. Melaksanakan pelayanan administrasi pemerintahan kepada masyarakat;
    6. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan pelayanan masyarakat;
    7. Melaksanakan pengumpulan data pengaduan dan menyiapkan bahan koordinasi pengaduan terhadap pelayanan masyarakat;
    8. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada seksi pelayanan; dan
    9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.