SEKILAS INFO

     » KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN MADIUN TELP ( 0351 ) 463797,Alamat Kantor Camat Sawahan: JL RAYA SAWAHA
Jumat, 13 Juli 2018 - 21:27:33 WIB
Penilaian Desa Mawa Cara award kab. madiun th 2018

Diposting oleh : Administrator
Kategori: KASI PMP - Dibaca: 102 kali

Pada hari selasa tanggal 17 juli 2018 desa pule kecamatan sawahan kabupaten madiun mengikuti penilaian  lomba mawa cara award berkaitan kegiatan dimaksud, dimohon untuk mempersiapkan administrasi BUMDESA,administrasi unit usaha yang berjalan lainnya serta menghadirkan semua pengurus beserta ketua unit usaha yang ada tolak ukur keberhasilan dalam mengikuti lomba nawa cara mengetahui dan memahami BUMDesa alhamdulillah Desa Pule Memenangkan Lomba Mawa Cara

 

Struktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) adalah salahsatu kunci keberhasilan BUMDesa sebagai sebuah lembaga. Konsep struktur yang memiliki kejelasan tugas dan wewenang sangat menentukan proses kerja lembaga ini. Tapi tentu saja juga sangat dipengaruhi kualifikasi person orang-orang yang duduk di sana. Seperti apakah sebaiknya bentuk struktur BUMDesa?

 

Setidaknya ada tiga posisi yang paling penting yakni Ketua atau direktur, sekretaris dan bendahara. Anda bisa menciptakan istilah lain untuk tiga posisi ini. Tetapi yang pasti  fungsi ketua jelas sangat sentral karena menjadi nahkoda yang akan memimpin jalannya lembaga. Karena BUMDesa lekat dengan kepentingan usaha maka seorang ketua haruslah memiliki visi usaha yang kuat sekaligus mampu melakukan konsolidasi sosial alias memiliki kemampuan pendekatan pada masyarakat.

 

Sekretaris berfungsi bukan hanya mencatat hasil rapat saja melainkan harus pula mampu membuat rancangan bagaimana hasil rapat harus didelegasikan pada bagian-bagian yang berkaitan. Sekretaris juga menghubungkan seluruh catatan proses kinerja perusahaan menjadi sebuah konsepsi yang ‘nyambung’ satu sama lain. Jadi, sekretaris bukan hanya salahsatu peserta rapat yang hanya mencatat hasil rapat saja.

 

Fungsi bendahara sudah sangat umum, memiliki tanggungjawab mengenai keuangan lembaga. Tetapi berbeda dengan fungsi bendahara pada organisasi seperti kelompok arisan RT, bendahara BUMDesa haruslah memiliki kemampuan mengatur lalu-lintas uang yang masuk ke kas besar BUMDesa untuk kemudian didistribusikan ke berbagai kebutuhan keuangan mulai dari gaji, membayar pengeluaran rutin hingga menentukan besaran rupiah untuk biaya operasional usaha.