SEKILAS INFO

     » JALAN RAYA SAWAHAN BARAT NO 08 EMAIL: KECSAWAHANMDN@GMAIL.COM
Senin, 21 Januari 2019 - 11:49:07 WIB
PRODUK UNGGULAN DESA PULE KECAMATAN SAWAHAN

Diposting oleh : Administrator
Kategori: KASI PMP - Dibaca: 60 kali

PRODUK UNGGULAN DESA PULE KECAMATAN SAWAHAN
 
Padi adalah merupakan sebagian besar makanan pokok penduduk Indonesia, maka pemerintah Indonesia telah mencanangkan tahun 2018 Indonesia harus swasembada pangan lagi atau swa sembada beras dalam hal ini, seluruh desa atau kelurahan untuk dianjurkan tanam tanaman padi agar bisa terwujudnya tujuan pemerintah di tahun 2018 bisa swasembada pangan.
Dengan adanya pencangan dari pemerintah di tahun 2018 harus swasambada pangan khususnya beras, maka Desa Pule Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Kepala Desanya Anton Setyoko, sekretaris desa Dian Risais, SU : Umum : Ismadi, SU Pemerintahan : Sri Prihantoro, SU Keuangan : Agung Sudarmaji, SU : Pembangunan : Winardi, Kasun : Rohmad Andayani, Ketua BPD Suyadi, Ketua LPKMD : Eko Setiawan, Ketua PKK : Sri Harini Setiyoko, Ketua Karang Taruna : Agus Tri Setiawan, Ketua Gapoktan : Winardi. Semua pengurus dan masyrakat desa Pule saling bahu membahu, saling bergotong royong dan bekerjasama untuk membangun desanya agar lebih baik dan sejahtera.
Anton Setyoko selaku Kepala Desa Pule telah menyampaikan, tanaman padi menjadi produk unggulan desanya. Hasil panen tanaman padinya sangat bagus, kwalitas gabat dan berasnya juga bagus dalam hal ini bisa menunjang kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa Pule.
Desa Pule Kecamatan Sawahan Kabuapten Madiun, merupakan salah satu desa yang kecil dengan luas wilayahnya 76,8 Ha, jumlah penduduknya 733 jiwa terdiri dari : laki-laki = 364 jiwa dan perempuan = 369 jiwa. Batas wilayah desa Pule, batas sebelah utara : Desa Waruk Kalong Kabupaten Ngawi, batas sebelah timur : Desa Klumpit Kabupaten Madiun, batas sebelah utara : Desa Cabean Kabupaten Madiun dan batas sebelah barat : Desa Sukowidi Kabupaten Magetan. 
Penduduk Desa Pule mata pencahariannya di dominasi petani, luas lahan pertaniannya juga cukup luas dibanding tempat pemukimannya dan sangat baik dan cocok buat lahan tanaman padi, tanah yang subur, pengairan yang cukup, kondisi geografisnya juga mendukung untuk tanam tanaman padi, jadi produk unggulan Desa Pule adalah Tanaman Padi.
Desa Pule juga sering mendapatkan penghargaan terutama dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) selalu tepat waktu dan lunas sebelum jatuh tempo, ini menunjukkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Desa Pule. Sudah bisa dirasakan terutama dari hasil pertanian khususnya tanaman padi.
Walaupun untuk saat ini lahan prtanian Desa Pule berkurang karena terdampak pembuatan Jalan Tol Kertosono Solo, jadi otomatis hasil produksi pertanian Desa Pule  berkurang, kurang lebih sekitar 10% dari lahan pertanian yang ada, tapi masyarakatnya tetap antusias untuk bercocok tanam padi (*).
Masyarakat Desa Pule Panen Raya Padi Didampingi oleh Ketua Gapoktan Winardi dan Perangkat Desa Pule Kec. Sawahan Kab. Madiun
Menikmati wisata alam dan air buatan, bagi anda warga Kabupaten Madiun tak perlu jauh - jauh. Di Desa Pule Kecamatan Sawahan, terdapat sebuah kampung ceria pule yang baru saja diresmikan. Yang menjadi andalan, yakni wisata kolam renang mini, waterboom dan taman bunga.
Kolam renang dan mini waterboom berada di Desa Pule Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Anak - anak nampak ceria menikmati wisata yang disuguhkan oleh BUMDes setempat. Tak heran jika , BUMDes Desa Pule meraih penghargaan BUMDes terbaik di bidang ekonomi. 
Hamparan lahan kosong yang dulunya kurang memiliki nilai jual. Kini disulap menjadi Kampung Ceria. Di kampung ini, terdapat aneka permainan anak - anak dan kolam renang anak, secara khusus disediakan, yang dikelola oleh BUMDes setempat . Masyarakat yang datang pun bukan hanya dari warga sekitar, namun warga dari berbagai daerah pun turut mengunjungi wisata lokal buatan tersebut. 
Apalagi lokasi Kampung Ceria Pule berada di perbatasan, antara Kabupaten Ngawi, Magetan dan Kota Madiun . Hal ini juga berdampak besar pada  pendapatan ekonomi warga sekitar langsung terdongkrak. Dengan munculnya UKM di sekitar kampung ceria. Terdapat taman bunga dan gazebo untuk pengunjung yang ingin bersantai ria hanya untuk sekedar refreshing . 
Bagi anda yang ingin berwisata ke Kampung Ceria Pule , anda tak perlu mengeluarkan kocek yang besar , cukup Rp 5000 untuk tiket masuk, anda sudah dapat menikmati segala fasilitas yang disediakan. Munculnya kampung ceria ini, membuat pendapatan ekonomi warga sekitar langsung terdongkrak. Dengan munculnya UKM di sekitar Kampung Ceria.