SEKILAS INFO

     » KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN MADIUN TELP ( 0351 ) 463797,Alamat Kantor Camat Sawahan: JL RAYA SAWAHA
Rabu, 27 Juni 2018 - 23:14:57 WIB
KABUPATEN MADIUN DIDUKUNG KONSEP PENGEMBANGAN WILAYAH SSWP

Diposting oleh : Administrator
Kategori: KASI PMP - Dibaca: 41 kali

Kabupaten Madiun yang merupakan salah satu dari 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, dengan luas wilayah sekitar 1.010,86 km2, memiliki berbagai potensi yang patut dibanggakan. Hal tersebut didukung dengan adanya konsep pengembangan wilayah Sub Satuan Wilayah Pengembangan (SSWP) yang terbagi menjadi empat bagian wilayah.


 

Kabid Pengelolaan Data Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi, Bappeda Kabupaten Madiun, Ir. Siswi Wahyuningrum H, M.Si menjelaskan, berbagai potensi yang ada di Kabupaten Madiun tersebut diantaranya, ada potensi pertanian, peternakan, perkebunan, industri, kehutanan dan pariwisata.

“Dalam Perda Kabupaten Madiun No. 9 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Madiun (RTRW) Tahun 2009 – 2029 Kabupaten Madiun terbagi dalam empat SSWP, “ jelas Ir. Siswi Wahyuningrum H, M.Si kepada Jatim Pos.

Empat SSWP tersebut diantaranya ada SSWP I, merupakan kawasan yang dipersiapkan menjadi bagian dari Ibukota Kabupaten dengan fungsi utama pusat pelayanan fasilitas umum, perdagangan dan jasa, pusat pemerintahan skala kabupaten serta permukiman perkotaan, meliputi Kecamatan Mejayan, Wonoasri, Pilangkenceng, Saradan dan Balerejo.

Kemudian SSWP II, merupakan kawasan yang menjadi wilayah limpahan dari Kota Madiun dengan fungsi utama sebagai kawasan perdagangan dan jasa, fasilitas umum serta permukiman, meliputi Kecamatan Jiwan, Sawahan, Madiun dan sebagian Kecamatan Wungu yakni Desa Sidorejo, Munggut, Pilangrejo, Mojopurno, Mojorayung, Bantengan, Tempursari, dan Nglanduk.

Sedangkan SSWP III, merupakan kawasan yang direncanakan menjadi kawasan agropolitan, agrowisata, ekowisata, dan agroforestry, meliputi Kecamatan Dolopo, Geger, Dagangan dan Kebonsari.

Sementara SSWP IV, merupakan kawasan yang direncanakan untuk pengembangan ekowisata dan fungsi lindung di Kabupaten Madiun (Ecological City), meliputi Kecamatan Kare, Gemarang dan sebagian Kecamatan Wungu meliputi Desa Karangrejo, Brumbun, Kresek, Wungu, Nglambangan dan Sobrah.

“Tentunya konsep ini sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Madiun yang tertuang dalam Perda No. 9 tahun 2017 tentang perubahan atas Perda No. 10 tahun 2013 tentang RPJMD Kabupaten Madiun tahun 2013 – 2018,“ jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya berbagai potensi serta konsep pengembangan wilayah SSWP tersebut diharapkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Madiun sekaligus program - program Kegiatan Perangkat Daerah dalam upaya mewujudkan “Kabupaten Madiun Lebih Sejahtera Tahun 2018” bisa terwujud.

“Untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Madiun lebih sejahtera tahun 2018 dengan konsep pengembangan wilayah SSWP tersebut disediakan data dan informasi daerah dalam bentuk profil 

Kabupaten Madiun yang memuat berbagai data/informasi mengenai hasil pembangunan di Kabupaten Madiun selama satu tahun, yang bisa dijadikan sebagai alat tolok ukur kemajuan pembangunan di Kabupaten Madiun sekaligus sebagai bahan evaluasi program – program kegiatan Perangkat Daerah dalam upaya mewujudkan Kabupaten Madiun Lebih Sejahtera Tahun 2018,“ pungkasnya. (jum)